Instal Windows 7 di Macbook Dengan Bootcamp [Tutorial]

Bootcamp Assistant 
Semenjak OS versi leopard anda dapat melakukan instalasi windows Dengan Boot Camp, Anda bisa masuk ke Windows seperti halnya menggunakan sebuah PC. Windows akan berjalan 100% sepenuhnya, malahan Windows akan berjalan jauh lebih cepat di mesin Mac. 

Apa Yang Di Butuhkan

  • Optical disc drive, untuk penginstalan windows
  • DVD kosong atau bisa juga USB Flash Disk, untuk menyimpan windows support software
  • Windows 7 Home Premium, Professional, atau Ultimate
  • Sedikit kesabaran
Langkah Instalasi
  1. Update Mac anda (optional)
  2. SETUP BOOTCAMP
  3. Instal Windows
  4. Instal Windows Support Software
1. UPDATE MAC

Sebenarnya hal ini tidak wajib dilakukan namun untuk keselamatan anda hendaknya melakukan proses ini terlebih dahulu caranya.
  • Log in sebagai administrator account pada Mac anda, keluarkan semua aplikasi yang terbuka, dan log out semua account pada Mac anda.
  • Pilih Apple () > Software Update. Install semua update yang tersedia. Jika Mac anda melakukan restart setelah instalasi update, pilih Apple () > Software Update lagi untuk menginstal additional updates.
2. SETUP BOOTCAMP

Bukalah BOOT CAMP ASSISTANT, aplikasi ini terletak pada folder APPLICATION/UTILITIES.

lokasi bootcamp assistant

Setelah anda buka aplikasi ini maka akan muncul jendela baru seperti berikut

pilih continue, maka anda akan diberi pilihan selanjutnya yaitu download windows support software, kemudian pembuatan partisi untuk windows disimpan.


Masukan DVD kosong yang telah anda persiapkan dan untuk persiapan proses download windows support software sebaiknya anda download dengan koneksi yang stabil, karena ukurannya cukup besar yaiu sekitar 600MB - 1GB. Wndows support software ini akan otomatis di burn pada DVD kosong yang anda siapkan sebelumnya.  Setelah proses downolad dan burning selesai selanjutnya adalah tahap melakukan partisi pada hardisk.


Bijaklah melakukan partisi pada mac anda, jika anda berniat menginstal windows untuk bermain game, sediakan alokasi cukup besar seperti diatas, tapi jika hanya untuk kepentingan kerja saja 10-20 GB sudah cukup untuk windows anda. Jika sudah siap, pilih "Partition" maka proses membuat partisi akan dilakukan. Siapkan DVD windows anda karena setelah proses ini selesai anda akan disuruh memasukan DVD instalasi windows anda.

3. INSTALASI WINDOWS

Setelah Mac anda melakukan restart, maka anda akan langsung masuk ke menu instalasi windows seperti instalasi windows pada umumnya, ketika anda sampai pada pilihan instalasi windows pilih partisi yang berlabel "BOOTCAMP" kemudian instal, jika terdapat komentar tidak support maka format dahulu partisi "BOOTCAMP" tersebut kemudian instal pada partisi tersebut, ingat jangan melakukan instalasi windows selain pada partisi ini karena akan mengakibatkan seluruh data dari Mac anda terhapus.

instal windows anda pada partisi berlabel BOOTCAMP

Setelah proses instalasi selesai maka mac anda akan melakukan restart dan otomatis boot  ke windows.

4. INSTALASI WINDOWS SUPORT SOFTWARE

Setelah proses instalasi windows selesai, masukan DVD yang berisi Windows Support Sotware dan kemudian instal. boleh dikatakan aplikasi ini Berupa driver kartu grafik, suara, keyboard, bluetooth, microphone, dan iSight sehingga semuanya bekerja dengan sangat baik.

Setelah semuanya selesai maka Windows sudah terinstal pada Mac anda. Restart Mac anda agar semua berjalan optimal, maka otomatis Mac anda akan boot ke Windows, untuk melakukan seting boot, masuk ke control panel (windows) maka disana ada menu bootcamp yang sudah otomatis terinstal pada saat melakukan instalasi Windows Support Software, jika anda ingin boot ke mac klik kanan bootcamp, pilih boot to Mac.  Setelah restart akan otomatis boot ke Mac. 

Tapi bagaimana apabila Anda ingin boot ke Windows lagi. Untuk itu, tekan dan tahan tombol Option setelah Mac menyala. Anda akan disuguhkan kepada pilihan Mac atau Windows. Bagi yang menggunakan Apple Keyboard Alumunium, tombol Option sudah di matikan oleh Apple, tidak bisa memilih lagi target Boot. Hal ini bisa diganti menggunakan Apple remote, dengan menekan dan tahan tombol menu.



Boot Camp hanya bisa digunakan di Mac berbasis prosesor Intel. Bagi yang masih menggunakan Mac Power PC, Boot Camp tidak akan bekerja sama sekali.

Sumber : 
  • http://www.apple.com/support/bootcamp/
  • http://www.makemac.com/2008/10/menggunakan-bootcamp-langkah-demi-langkah/


58 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    saya menggunakan macbookpro 13" dan saya ingin mencoba install Boot Camp, tap saya tdk tau apakah macbook saya berbasis prosesor intel atau bukan, bagaimana cara mengeceknya ya?
    terima kasih

  1. cerita akan kehidupan mengatakan...:

    Kalau saya bisa bantu cara mengetahui intel atau bukan gampang nya spek mb pro anda contoh inter I5 core atau I7 core

  1. Anonim mengatakan...:

    1. Click tombol "" di atas, pojok kiri.
    2. Click "about this mac"
    3. Pada bagian prosessornya liat, ada tulisan "intel" nggak?
    4. Kalo semisal tulisanya gini "2.5 GHz Intel Core i5" berarti berbasis Intel.

    Serius, ngakak aku baca pertanyaan ini. Lha ini dulu pas beli MBP gimana? Asal beli, nggak milih spek? LOL

  1. Anonim mengatakan...:

    Ini butuh DVD Windows 7? Apa hanya CD kosong

  1. Unknown mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Unknown mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Unknown mengatakan...:

    @Desi Ratna Mukti
    jawabannya udah di jawab sama venusianlove48too.. hehe.. thanks

  1. Unknown mengatakan...:

    sebenarnya CD kosong itu dibutuhin untuk menyimpan hasil donload dari driver buat windows nanti..
    jadi dapat di simpulkan yang anda butuhkan adalah dvd windows7 dan juga cd kosong tersebut

  1. Cerita dewasa mengatakan...:

    Terimakasih banyak infonya ya,

  1. Unknown mengatakan...:

    klo backup pake hdd ext bs g?

  1. Unknown mengatakan...:

    backup driver windows itu maksudnya?? kalo itu bisa :)

  1. fadil golek mengatakan...:

    oi..
    thanks tutorialnya, gan.
    ane succeed. (y)

  1. Unknown mengatakan...:

    Mau tanya apabila ada 2 user acct pada mac kita, main user dan guest, apakah guest juga memiliki 2 pilihan yang sama antara MAC atau WINDOWS? Atau Guest User hanya akan di larikan ke tampilan MAC saja?

    Maaf gan bener2 baru dalam MAC ini

  1. yoga mengatakan...:

    DVD yang berisi Windows Support Sotware, bisa didapat dari mana ?

  1. Unknown mengatakan...:

    jujur saya kalo mac gaptek bgt tp saya punya mac, dan saya mau menginstall windows di mac saya tp ga ngerti sama sekali, agan2 di sini yg mengerti yang berdomisili jakarta-tangerang saya mau bertemu untuk minta tolong diajarkan, karna kalo lewat teori gini saya pusing, :p ! Ada yg bisa membantu saya?
    Sebelumnya banyak terima kasih atas pencerahannya.

  1. Unknown mengatakan...:

    @ venusianlove48too terimakasih atas jawabannya. sebelumnya saya minta maaf kalau saya menanyakan pertanyaan yang terlihat bodoh bagi kamu. saya benar-benar pemula dalam megang komputer mac dan masih belajar, tidak seperti kamu yang sepertinya udah expert sekali dalam masalah mac. "Serius, ngakak aku baca pertanyaan ini. Lha ini dulu pas beli MBP gimana? Asal beli, nggak milih spek? LOL" Maaf ya, mb saya adalah hadiah dari ortu dan saat beli saya ga tau. jujur kalau kamu bilang seperti itu saya tersinggung. saya masih gaptek dan kalau saya bertanya bukannya masih wajar? dan sepertinya disini bukan hanya saya yang masih baru dalam belajar komputer mac.

  1. Anonim mengatakan...:

    the starup disk doesnot have enough space to be partitioned tulisan pas buka boot champ tapi pas chek sisa hd di mb masih banyak, what should i do?

  1. java Grafis mengatakan...:

    Thanks Infonya

  1. Unknown mengatakan...:

    gan,,. mac ane macbook white intel core duo, ram udah ane upgrade jd 2gb dr bawaannya cm 1gb, tp hdd nya msih 120gb bawaan, kira2 jika ane install W7 sprti tutorial agan ini apakah tidak terlalu berat buat mac ane? jika diinstall W7 mslh apa yg kira2 akan muncul dgn kondisi mac ane yg disebutkan diatas, mksh bnyk sblmnya gan.

  1. Unknown mengatakan...:

    gan saya coba install windows 7 64 bit di macbook Air ga bisa ketik keyboardny knp ya gan..!! padahal win dows ori, tahap2 penginstallan bener,tepat..pas..mau buat Userny...ga bisa ketik tuch...keybord ud pake extrnl keyboard,mouse juga ga bisa..gmn solusinya..gan???

  1. Unknown mengatakan...:

    @Made BOCHA sori komentarnya baru saya bala :). Kalo misalkan ada dua user account tidak ada masalah, karena nanti tidak berpengaruh pada hak akses.. dua2nya bisa akses windows.. :)

  1. Unknown mengatakan...:

    @yoga windows support software bisa didapat ketika instalasi di lakukan... makanya di perlukan koneksi yang lumayan kenceng...

  1. Unknown mengatakan...:

    @Iswan Saleh waduh saya kebetulan berada di bandung.. mungkin rekan2 yang lain?????

  1. Unknown mengatakan...:

    @Desi Ratna Mukti hahaha... tidak ada pertanyaan yg bodoh menurut saya... yang salah itu kalo kita tidak tahu tapi gk mau nanya... heheh... makaasih ya...

  1. Unknown mengatakan...:

    @Anonim sisanya berapa nim???

  1. Unknown mengatakan...:

    @Fadli Zd Jangan khawatir mac punya saya juga macbook white lancar jaya kok....

  1. Unknown mengatakan...:

    @Fatoer Rahcman itu mungkin agan belum instal Windows support software.. jadi drivernya belum terinstal gan...

  1. Anonim mengatakan...:

    gan kok habis install windows di windowsnya ga bisa di klik kanan tapi di mac os nya bisa itu kenapa ya?

    habis itu driver bootcampnya sudah selesai di install pas selesai restart malah bluescreen jadi harus install ulang lagi :( itu kenapa ya....

    mohon bantuannya

  1. tutorhack.com mengatakan...:

    tutorial yang mantep http://www.tutorhack.com

  1. no name mengatakan...:

    thanks for information, i can next my work!

  1. Unknown mengatakan...:

    bro bantu ane, ane mw instal windows di MBA ane, tapi tampilan bootcamp nya beda, soalnya ne pake maverick.. jd dia minta download dulu. ada ga cara yang lain?????

  1. Unknown mengatakan...:

    saya punya macbook os X 10.6.8,,apa bisa di update ke os x 10.8..........atau 10. 9. .....

  1. dewaperkasa mengatakan...:

    ada yang bisa bantu kenapa saat download windows support software di bootcamp selalu gagal, tks

  1. Dini J.H mengatakan...:

    Oh saya mengerti sedikit, jadi untuk menginstal windows di macbook kita harus punya cd instaler Windows kan?
    Dan langkah 1 dan 2 itu maksudnya seperti kita buat DVD Driver macbook buat di windows agar windows bisa aktif sepenuhnya seperti suara, vga, wifi, webcam dll kan?
    setelah Windows selsai di instal di mac lalu masukan DVD Driver atau Windows support software agar windows maksimal berjalan.
    Nah pertanyaan nya gimana cara ngefull in atau nge aktivasi kan windows 7 di macbook kalo mengunakan windows 7 bajakan? *maklum penggemar5 software bajakan heheh*
    Sebelumya makasih min atas tutorial nya

  1. Anonim mengatakan...:

    10-20 GB cukup tuk penginstalan win7??? Win7 +- memakan 30GB penginstalan.Utk penginstalan di Mac tak perlu memakai driver DVD,cukup flash disk min 8GB yg telah mempunyai file penginstalan win7 dan Boot Camp Windows Support Software, Saya udah mencobanya di Macbook Pro 13" Retina display. Perlu bantuan Hub.085714722815.Membagi ilmu suatu kehormatan bagiku.

  1. peyank mengatakan...:

    Min, ane punya masalah nih min, udah saya lakukan apa yg ente tulis di atas min, all clear... thanks for that, tapi setelah sehari baru nyadar ane min, sound di windows kok ndak mau ya ?? Macbook White 207 Core2 Duo, NVidia GeForce 9400 256, ram 4gb, Mac OS V 10.9.5, windows 7 ult 32bit .... ada salah di mana ya ? semua OK cuman masalah 1 aja itu -sound di windows tidak mau bunyi... hanya yg di windows, yg di MacOS ok aja... ada solusi ?

  1. yanhie mengatakan...:

    Benar tuh, ane cuman nyedian 20gb seperti yg disaranin dan hasilnya nggak cukup, ada yg tahu cara ngerubah partisinya?

  1. indonesiancyberarmy.com mengatakan...:

    wahh,,, baru ngerti yg beginian :D

  1. aquacybernotes.com mengatakan...:

    thanks gan, atas tutorialnya..
    sangat membantu :)

  1. Unknown mengatakan...:

    gan gimana kalo buat macbook pro core 2 duo? apa bisa? tadi kan agan ngambil contoh dari intel core i5 heehe tolong jelaskan gan .... makasihh

  1. Anonim mengatakan...:

    permisi agan2 ini saya mau tanya... saya sudah download drivernya dari mac terus saya instal windows namun saat penginstalan tidak ada krusornya dan tidak bisa di gerakkan sama sekali mohon pencerahannya thanks before...

  1. Tamvan Crew mengatakan...:

    makasih ya :D

  1. bocah outsiders mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. bocah outsiders mengatakan...:

    apa bisa mac saya dikembaliin kembali

  1. dodi mengatakan...:

    Salam, tq sudah dibuatkan langkahnya. Hanya saja saat selesai install win, di bagian type username dan computer name, keyboard dan mouse MBA tidak berfungsi sama sekali. Bagaimana cara mengatasinya?

  1. Baja Artha mengatakan...:

    Gan ane install win7 pro di MBA ane.. Tp pass proses installasi kan ada bootingnya.. Nah pas booting gagal masuk ke osnya.. Errornya windows failed to start.. Blablabla.. Terdapat file yg berekstensi bawaan yg gak bisa dieksekusi sama windowsnya.. Ada solusi mohon bantuannya

  1. Baja Artha mengatakan...:

    Gan ane install win7 pro di MBA ane.. Tp pass proses installasi kan ada bootingnya.. Nah pas booting gagal masuk ke osnya.. Errornya windows failed to start.. Blablabla.. Terdapat file yg berekstensi bawaan yg gak bisa dieksekusi sama windowsnya.. Ada solusi mohon bantuannya

  1. Baja Artha mengatakan...:

    cara install windows supportnya bagaimana gan.. sedangkan ketika set up windows untuk pertama kali kursor suda gak bisa di move

  1. Anonim mengatakan...:

    bisa juga ya ternyata macbook di instal dengan windows 7...
    preheater

  1. faishalbadri mengatakan...:

    gan klo saya nginstall windows file yang di mac ke format gak?

  1. Unknown mengatakan...:

    Gan, pas lg install dibatalin, eh muncul tulisan "An operating system wasn't found. Try disconnecting any drives that don't contain an operating system. Press Ctrl+Alt+Del to restart" tapi pas di pencet command+option+delete gak ada respon apa2. Gimana ya mengatasinya?

  1. Unknown mengatakan...:

    Gan kalo mac Intel core 2 duo, ram 4GB, Pemyimpanan 240Gb kuat ga buat intall PES 2017 di mac dengan install windows dahulu ?

  1. Unknown mengatakan...:

    iMac Macbook Pro gagal start up masuk OSX menu loading Apple logo http://zapplerepair.com/iMac-Macbook-Pro-gagal-start-up-masuk-OSX-menu-loading-Apple-logo.html

Posting Komentar

 
Komunitas TIK Bandung Jawa Barat Indonesia © 2015 | Desain oleh Cheap TVS